Friday, June 5, 2015

CARA MUDAH UPDATE COLOR OS DI OPPO

Software update bertujuan untuk memperbarui firmware ponsel. Kalau di Android OPPO, ini biasa dilakukan untuk memperbarui ROM ColorOS yang merupakan firmware dari OPPO itu sendiri. Dengan melakukan update software, maka akan terjadi perbaikan bugs atau peningkatan kinerja dan stabilitas ponsel.
Untuk itu, bagi kamu yang menginginkan ponsel Android OPPO kesayanganmu tetap up-to-date, sebaiknya selalu luangkan waktu untuk melakukan update. Pada ponsel OPPO sendiri, cara termudah melakukan update ColorOS bisa dilakukan dengan dua metedo, yakni secara online dan onfline.

1. Online Update (OTA)

Online update biasanya disebut dengan Over-the-Air (OTA) update dan umumnya bisa dilakukan di hampir semua perangkat berbasis Android (termasuk ponsel OPPO). Update ColorOS lewat OTA sangatlah mudah, praktis dan tentunya aman untuk dilakukan karena prosesnya sama sekali tidak akan menghapus data-data yang ada di memori ponsel.
Cara melakukan update OTA pertama-tama ponsel harus sudah terkoneksi ke internet (terserah mau pake WiFi atau data seluler). Setelah itu masuk ke “Pengaturan ponsel > Tentang ponsel > Perbarui Sistem“, ponsel akan mengecek update firmware terbaru, bila tersedia silahkan pilih “Mengunduh” untuk menginstal update baru tersebut.
Update OTA ColorOS Oppo

2. Offline (Local) Update

Offline atau local update kadang dilakukan khusus bagi pengguna ponsel OPPO yang sudah melakukan root dan tidak bisa update lewat OTA. Nah apabila kamu ingin melakukan update ColorOS dengan motede ini, beberapa hal yang perlu di lakukan ialah sebagai berikut:
  • Meski kadang tidak terjadi, namun dalam beberapa kasus update metode ini akan menghapus data-data di ponsel, jadi untuk lebih amannya lakukan backup data di ponsel OPPO kamu terlebih dahulu. Selain itu agar tidak terjadi masalah pastikan juga baterai ponsel mencukupi (minimal 50%).
  • Download full firmware OPPO disini atau disini sesuai tipe ponsel kamu. Setelah itu copy langsung filenya di memori ponsel (file tidak perlu di extract dan cukup letakkan di directory paling depan/bukan dalam folder).
  • Pada ponsel OPPO, masuk ke menu “Pengaturan ponsel > Tentang ponsel > Perbarui Sistem > Instalasi lokal > dan pilih file firmwarenya“. Selanjutnya akan muncul keterangan/Tip, silahkan pilih lagi “Tingkatkan Sekarang” atau “Hapus data dan memperbarui” (pilihan tergantung keterangan Tip yang muncul).
Local Update Software ColorOS
Note: Proses update local akan memakan waktu yang sedikit cukup lama, jadi tunggu saja hingga ponsel melakukan restart sendiri yang menandakan proses update selesai.

4 comments:

  1. Berapa lama ya gan slesainya...krna ini sya dh slesai instal tp update nya lama bgt

    ReplyDelete
  2. android sedang meningkatkan versi ...
    Mengoptimalkan apl 60 dari 60
    Ko kaya gitu terus yah gan drtd, lama bgt ??

    ReplyDelete
  3. mending instal via flashtool aja...cari file full firmware biar ngak stres๐Ÿ˜‚...cara cek filenya lihat di daftar yg tercentang di dlm flashtool...klau lengkap baru agan flash...slamat mencoba!!๐Ÿ‘Œ

    ReplyDelete